Pages

BLOG KHUSUS PRODISTIK (PROGRAM PENDIDIKAN SETARA D1 TIK ) MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO

Minggu, 07 Oktober 2012

Jenis Sepeda Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya

Berikut adalah beberapa Jenis Sepeda Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya yang bisa kita jadikan referensi saat ingin membeli sepeda.


Sepeda Perkotaan (City Bike)

Sepeda perkotaan atau city bike sengaja diciptakan untuk digunakan dijalan perkotaan yang mulus, beraspal, dan tidak ada bolong-bolongnya seperti jalan rusak. Fungsinya hanya sebatas untuk jalan-jalan sore sambil mengisi waktu luang. Wajar jika sepeda jenis ini tidak menggunakan suspensi karena memang tidak dirancang untuk menghadapi benturan.

 Sepeda Lintas Alam (XC)/CROSS COUNTRY
 Sepeda lintas alam atau XC (Baca: Cross Country) adalah sepeda yang dirancang untuk untuk lintas alam dengan medan ringan hingga sedang. Bisa dipakai di jalan perkotaan dan juga dipedesaan. Pada bagian depan, sepeda ini sudah menggunakan suspensi untuk meredam benturan-benturan ringan.

 Sepeda Gunung (All Mountain Bike)

 Hampir sama dengan sepeda XC diatas, namun sepeda gunung ini dirancang untuk medan yang berat (berbatu, curam, dan berlubang) dengan jarak tempuh yang jauh. Bisa juga digunakan untuk off road. Karena banyaknya benturan yang akan diterima sepeda ini saat digunakan, maka ia sudah dilengkapi dengan suspensi depan belakang.

 Sepeda Downhill
 Sesuai dengan namanya, sepeda ini memang dirancang untuk digunakan saat menuruni bukit. Tidak hanya menuruni bukit, sepeda ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat menuruni bukit dalam kecepatan tinggi. Selalu stabil pada saat meluncur menuruni bukit dan dapat bermanuver dengan aman dan cepat. Roda sepeda ini juga mempunyai bidang kontak yang lebar dengan permukaan jalan sehingga friksi roda lebih besar. Sepeda ini tidak cocok digunakan di jalan perkotaan karena akan membuat pengendaranya cepat lelah akibat bidang kontak roda yang besar.
 Sepeda Dirt Jump

 Sepeda Dirt Jump atau disebut juga dengan Urban Mountain Bike adalah sepeda yang dirancang khusus untuk yang hobi melakukan loncatan–loncatan tinggi dan ekstrim sambil berkendara di jalanan perkotaan atau tempat khusus. Bahasa awamnya mungkin sejenis sepeda BMX yang biasa dipakai anak atraksi meloncat temannya yang ditiduri berjajar.
Sepeda Road Bike

Sepeda yang lebih mengedepankan aero dinamika dan kecepatan/speed ,posisi riding biasanya dibuat lebih merunduk untuk mengurangi tahanan angin,serta ban yang kecil untuk menambah kecepatan saat riding
Sepeda Aero Road Bike
Sepeda ini merupakan pengembangan dari sepeda road bike biasa,keunggulan sepeda ini adalah frame ringan yang membuatnya lebih ringan,sehingga dapat melesat lebih cepat daripada sepeda road bike biasa,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar