Pages

BLOG KHUSUS PRODISTIK (PROGRAM PENDIDIKAN SETARA D1 TIK ) MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO

Senin, 17 September 2012

45 tahun bersama Honda S90Z( The Deluxe Sports Bike)


The Deluxe Sports Bike....
 mungkin inilah julukan yang sering dilontarkan pecinta motor tua nan gagah S90Z.



Brothers,… Honda pada tahun 1974 meluncurkan varian sport dengan tipe Honda S90Z. Jenis sport bike ini memang terkenal dengan ketangguhan mesin dan irit BBM nya bro. Tentu saja S90Z banyak penggemar pada masanya dong, Honda pada waktu itu menguasai pasar motor.


Bicara soal spesifikasi pada S90Z memiliki mesin dengan OHC (overhead cam) dengan single silinder 4 stroke. Kemudian cc yang dimilikinya 89,6 cc dengan perpaduan bore X stroke nya 50 X 45,6. Sedangkan perbandingan rasionya 8,2 : 1. Konsumsi BBM untuk 1 liter bisa tembus jarak 75 km/liter, edunnnn banget tuh bro. Rangka yang dimiliki tergolong langka, T-Bone Frame namanya,… dinamakan T-Bone Frame karena rangka berbentuk huruf T coba brother perhatikan baik-baik pada rangka motor ini.
sejarah motor ini tak lepas dari sejarah motor Honda Di Indonesia

Yaitu :
 PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).


Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.


 Yup,
Honda S90Z adalah tipe motor pertama yang ada di Indonesia,
sebelum tahun 1970an,semua motor Honda masih di datangkan langsung dari negara asalnya : Jepang atau sekarang sering disebut CBU( Completely Build-up Unit).

mungkin waktu ayah saya beli tahun 1967,langsung dapat peti-nya kali ya...hehehehe


sekarang Si Jagur telah manapaki usia 45 Tahun,
dan selama itu pula sudah beratus-ratus hingga beribu-ribu kilometer Si Jagur telah melibas panasnya aspal jalanan bumi pertiwi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar